Manusia dan kebudayaan

Nama                     : M. Harun Al-Rasyid

NPM                       : 14510154

Fakultas/jurusan : Psikologi

Kelas                      : 1PA01

Manusia Dan Kebudayaan

Menurut Dick Hartoko “manusia menjadi manusia merupakan kebudayaan”. Berdasarkan pendapat tersebut, dapat diartikan bahwa adanya keterkaitan yang terjalin antara manusia dan kebudayaan.

Manusia

Di dunia ini manusia memiliki banyak peranan unik yang dapat dilihat dari berbagai segi kehidupan dan ilmu pengetahuan. Manusia pada hakikatnya adalah makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna, yang terdiri dari tubuh dan jiwa sebagai satu-kesatuan yang utuh. Manusia juga termasuk makhluk biokultural yang juga terikat dengan lingkungan.

Kebudayaan

Kebudayaan adalah segala sesuatu yang dihasilkan oleh akal budi manusia dengan tujuan untuk mengolah tanah atau tempat tinggalnya, atau dapat diartikan segala usaha manusia untuk dapat melangsungkan dan mempertahankan hidupnya di dalam hidupnya.

Kaitan Manusia Dengan Kebudayaan

“Manusia sebagai perilaku kebudayaan, dan kebudayaan merupakan objek yang dilaksanakan manusia”. Pernyataan tersebut adalah kaitan manusia dengan kebudayaan secara sederhana. Dari sisi lain, hubungan antara manusia dan kebudayaan ini dapat dipandang setara dengan hubungan antara manusia dengan masyarakat dinyatakan sebagai dialektis.

Manusia dan kebudayaan, pada kondisi sekarang ini kita tidak dapat lagi membedakan mana yang datang lebih awal muncul manusia atau kebudayaan. Analisa terhadap keberadaan keduanya harus menyertakan pembatasan masalah dan waktu agar penganalisaan dapat dilakukan dengan lebih cermat. Oleh karena itu manusia dan kebudayaan memang memiliki keterkaitan yang erat sama sekali.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: