Manusia dan Keindahan

Nama                      : M. Harun Al-Rasyid

NPM                       : 14510154

Fakultas/jurusan  : Psikologi

Kelas                      : 1PA01

Manusia dan Keindahan

 

a.             Pengertian Keindahan

Indah berarti bagus, permai, cantik, elok, molek, dan sebagainya. Keindahan merupakan bagian hidup manusia dan keindahan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Keindahan adalah suatu konsep abstrak yang tidak dapat dinikmati karena tidak jelas. Keindahan itu baru jelas jika telah dihubungkan dengan sesuatu yang berwujud atau bentuk. Dengan bentuk itu keindahan dapat berkomunikasi. Keindahan hanya sebuah konsep, yang baru berkomunikasi setelah mempunyai bentuk.

 

Keindahan dalam arti luas merupakan pengertian semula dari bangsa Yunani dulu yang didalamnya tercakup pula kebaikan. Pengertian keindahan yang seluas-luasnya meliputi : keindahan seni, keindahan alam, keindahan moral dan keindahan intelektual.

 

Keindahan dalam arti esis murni menyangkut pengalaman estetis dari seseorang dalam hubungannya dengan segala sesuatu yang diterapkan. Sedangkan keindahan dalam arti terbatas lebih disempitkan sehingga hanya menyangkut benda-benda yang diterapkan dengan penglihatan, yakni berupa keindahan dari bentuk dan warna. Keindahan tersusun dari berbagai keselarasan dan kebaikan dari garis, warna, bentuk, nada dan kata-kata. Nilaiyang berhubungan dengan segala sesuatu yang tercakup dalam pengertian keindahan disebut nilai estetik. Keindahan dapat dapat dinikmati menurut selera seni dan selera biasa. Keindahan pada dasarnya adalah alamiah atau wajar, tidak berlebihan atau kurang.

 

b.             Renungan

Renung berarti diam-diam memikirkan sesuatu atau memikirkan sesuatu atau memikirkan sesuatu dengan dalam-dalam. Renungan adalah hasil merenung. Dalam merenung untuk menciptakan seni dan teori. Diantaranya teori pengungkapan, teori metafisik dan teori psikologik.

 

c.             Keserasian

Serasi dari kata rasi yang berarti cocok, kena benar, dan sesuai benar. Kata cocok, kena dan sesuai itu mengandung unsur perpaduan, pertentangan, ukuran dan seimbang. Dalam keindahan ini sebagian ahli piker menjelaskan, bahwa keindahan pada dasarnya adalah sejumlah kualitas/ pokok tertentu yang terdapat pada suatu hal. Kualita yang paling sering disebut adalah kesatuan (unity), keselarasan (harmoni), kesetangkupan (symmetry), keseimbangan (balance), dan keterbalikan (contrast).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: