Laporan Akhir Pertemuan Kedua

Nama : M. Harun Al-Rasyid
NPM : 14510154
Fakultas/jurusan : Psikologi
Kelas : 1PA01

LAPORAN AKHIR
PERTEMUAN KEDUA

Dampak Positif Blog
. 1. Media Aktualisasi Diri
Salah satu kebutuhan manusia adalah to be recognized – untuk di akui kehadirannya, untuk di perhatikan. Untuk menunjukan siapa dirinya. Apa yang dipikirkannya, apa yang menjadi perhatianya, apa yang menarik untuknya, apa yang disenanginya, apa yang dibencinya, apa pemikirannya dan apa yang diinginkannya. Dan blog memapu memfasilitasi hal tersebut, dalam skala jangkauan yang mendunia. Dengan blog (dan dukungan berbagai web app di world wide web) seseorang kini dapat mengaktualisasikan dirinya dalam berbagai media (text, image, graphic, video, audio, slide presentasi, dll) yang bisa diakses oleh ‘semua orang di penjuru dunia yang terhubung ke jaringan internet’.
2. Media Promosi
Blog ditempatkan di jaringan internet. Dengan strategi yang tepat (SEO+SMM+Other Techniques) anda bisa mendatangkan para pengguna internet ke blog anda dan membuatnya membaca apa yang anda promosikan.
3. Mendapatkan Relasi Baru
Sudah menjadi bawaannya bahwa manusia selalu mencari manusia lain yang memiliki ketertarikan sama. Buat blog tentang topik yang anda minati, dan pengunjung yang memiliki topik yang sama dengan anda pun akan mendatangi anda. Mereka bisa mengomentari post di blog anda dan bisa membalasnya. Terjadi conversation disana, dan membuka peluang untuk terjadinya hubungan kan.
4. Mendapatkan Penghasilan
Well, sudah banyak yang tahu kan? ada dua cara mendapatkan penghasilan dari internet:
• Direct Income – Blog anda memang menjadi ‘sumber uang’ anda. Anda update konten dengan entri berkualitas, perbesar tingkat kunjungan visitor ke blog anda, lakukan monetisasi. Bisa dengan menjual spot banner (tapi sudah tidak terlalu efektif lagi rasanya), Service Pay-Per-Click, Pay-Per-Post, Paid-To-Review, buat review tentang produk yang diafiliasikan, atau mungkin langsung menjual produk di blog anda. dll.
• Indirect Income – Blog anda gunakan sebagai media promosi bisnis anda dan diri anda. Visitor datang ke blog, terkesima dengan diri anda dan portofolio anda, dan mereka mengontak anda untuk deal bisnis selanjutnya.
5. Stress Release, Emotion Release
Terkadang kita hanya ingin melampiaskan apa yang kita rasakan. Terkadang kejenuhan dan terkadang kebahagiaan. Lebih mengasyikan lagi jika ada yang merespons apa yang kita rasakan kan? Hey, blog memfasilitasi hal tersebut. Tapi selalu ingat aturan emasnya: Jangan berlebihan. Jangan sampai kasus kehilangan pekerjaan dan kejadian tidak diinginkan lainnya terjadi karena anda berlebihan dalam mengekspresikan diri.
6. Media Memberi, Media Sharing
Terkadang kita hanya ingin berbagi apa yang kita ketahui, berbagi kebaikan, berbagi ilmu atau berbagi pengetahuan. Jika yang anda ingin share kepada orang lain bisa di fasilitasi dengan text, graphic, video, audio, presentasi, dll. Blog bisa memfasilitasi hasrat berbagi anda.
Dampak Negatif Blog
1. Efek Ketagihan
Sangat jelas bahwa blogging menimbulkan efek candu atau ketagihan.Bak candu,Blogging selalu menarik pemakainya untuk terus mengupdate atau hanya sekedar membuka secara continue hingga terus menerus.Jelas ini tidak baik bagi si Blogger, mengingat kegiatan Blogger bukan hanya sekedar blogging tetapi juga bersosialissi beribadah dan berbagai kebutuhan harian lainya.Untuk tis-tips meminimalisasi dampak ketagihan ngeblod, akan saya bahas pada artikel selanjutnya pada posting “Tips Jitu Mengurangi Efek Ketagihan Ngeblog”.Berbagai tips akan saya tuliskan dan bahas dengan tuntas.

2. Pemborosan
Walaupun dapat dijadikan sebagai sumber penghasilan tambahan, blogging juga dapat menguras kantong kita dengn cepat.Hal ini sering dialami oleh blogging pemula yang masih suka gonta-ganti skin, dan para blogger yang ‘pecandu berat’.Meskipun demikian pemborosan juga dapat diminimalisais dengan perencanaan mengenai apa saja yang ingin dibuka saat online.Selain itu dapat juga diantisipasi dengan membawa uang pas jika masih menggunakan jasa warnet untuk ngeblog.

3. Mengurangi Kinerja.
Banyak para blogger yang ngeblog saat jam kerja maupun jam pelajaran.Hal ini tentu akan memecah konsentrasi dan hasil yang didapat kurang maksimal baik untuk blog maupun prestasi kerja.

4. Mempengaruhi kesehatan.
Ini lebih dikarenakan saat blogging kita akan berlama-lama menatap monitor sehingga dapat meningkatkan resiko gangguan kesehatan pada mata.

Artikel Tentang Internet
(Suara Merdeka Minggu – Rubrik Konek 19 September 2010)
Mempercayai internet sebagai media dalam pemasaran dan penjualan adalah hal yang sulit pada awal Milenium yang lalu. Apalagi pada saat itu banyak terjadi kisah kejatuhan perusahaan dot com. Namun jika Anda melihat pada tahun-tahun terakhir ini, kepercayaan terhadap internet sebagai media bisnis yang handal tampaknya mulai bangkit.
Kondisi bisnis berbasis internet saat ini bisa dikatakan jauh berbeda dengan kondisi pada saat kejatuhan bisnis dot com menjelang tahun 2000. Infrastruktur yang lebih lengkap, terjangkaunya biaya penggunaan teknologi, mulai meratanya edukasi atas teknologi informasi pada masyarakat, dan peningkatan kebutuhan akan hubungan bisnis yang lebih luas, menjadi faktor-faktor pendukung dalam bisnis online sekarang ini.
Banyak usaha-usaha kecil dan menengah yang mulai menggunakan berbagai media di internet untuk memasarkan dan menjual produk-produknya. Media yang mulai marak digunakan antara lain Blog, Facebook, Twitter, Youtube, dan masih banyak lagi.
Semua media tersebut bisa dihubungkan satu sama lain. Sehingga gabungan media-media tersebut telah menjadikan internet sebagai kekuatan pemasaran dan transaksi bisnis yang tidak bisa dipandang sebelah mata.
Jika gabungan berbagai tersebut bisa dikelola di internet secara maksimal, maka pembeli akan dengan mudah mencari dan tertarik dengan produk yang Anda tawarkan. Informasi yang Anda publikasikan di internet bisa saja menjadi salah satu pilihan dalam kebutuhan konsumen dan bukan tidak mungkin mereka akan menjadi konsumen potensial Anda dari waktu ke waktu.

1. Apa yang kamu ketahui tentang search engine?
Search engine disebut juga mesin pencari, dimana system yang ada pada system tersebut diolah melalui satu atau sekelompok computer yang berfungsi untuk melakukan pencarian data. Data yang ada pada mesin ini dikumpul oleh mereka melalui suatu metode tertentu, dan diambil dari seluruh server yang dapat mereka akses. Jika dilakukan pencarian melalui search engine ini, maka pencarian yang dilakukan sebenarnya adalah pada database yang telah terkumpul di dalam mesin tersebut.

2. Apa yang kamu ketahui tentang blog?
Blog merupakan bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terrbalik, meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti in I biasanya dapat dakses oleh semua pengguna internet dengan topic dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

3. Apa yang kamu ketahui tentang portal?
Portal adalah integrasi dari internet dan system informasi eksekutif menjadi solusi yang efektif dan efisien sehingga dapat menjebatani berbagai system berbeda, format, aplikasi yang tidak sama.

Pesan dan kesan praktikum di Lab. Internet
Praktikum yang menyengkan, karena suasana belajarnya yang rileks dan santai. Sehingga tercipta interaksi yang baik antara kakak pengajar dengan mahasiswa. Dengan interaksi yang baik pula itu maka materi yang disampaikan oleh kakak pengajar bisa mudah ditangkap. Namun masih ada beberapa hal yang perlu dibenahi dan dilengkapi oleh Lab. Internet, terutama dalam masalah sarana dan prasarana yang mestinya sudah harus diganti. Agar kegiatan belajar mengajar dapat berjalan lebih baik lagi.

1 Komentar (+add yours?)

  1. putri_labintdash
    Nov 06, 2010 @ 06:12:36

    Accepted^^

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: