Komunikasi di Internet

M. Harun Al-Rasyid
14510154
2PA01
Komunikasi dalam Internet
Studi ilmu komunikasi juga mencangkup pembelajaran tentang media massa, dimana media massa di Indonesia pada dasawarsa terakhir ini mengalami perkembangan yang sangat pesat. Perubahan media massa ,baik itu media massa cetak maupun elektronik, perlahan demi pasti mencapai pada titik dimana semuanya berubah format menjadi digital. Hal ini dapat terlihat dengan adanya beberapa media massa cetak seperti majalah dan surat kabar yang mulai menerbitkan edisinya melalui World Wide Web atau menyertakan CD ROM dalam setiap edisi yang diterbitkannya.
Penggunaan media lainnya yang tergolong masih baru seperti komputer dan media Internet mulai merambah berbagai kalangan di Indonesia, dari mulai anak-anak hingga orang dewasa. Dampaknya adalah orang-orang menghabiskan lebih banyak waktu berkomunikasi dengan orang lain dengan menggunakan ruang obrol (chat room) di komputer, dan permainan dunia maya (virtual) memberi dimensi pengalaman dan kepuasan baru bagi penggunanya.
Baru-baru ini amerika serikat mencapai titik di mana penjualan komputer lebih tinggi daripada televisi (Powell, 1995). Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa penggunaan komputer-komputer pribadi mulai mangambil alih peran televisi (Lieberman, 1995). Tampaknya kita cepat beralih ke konsep pengguna aktif, multimedia, lingkungan komunikasi yang baru itu. Salah satu ciri lingkungan media baru adalah pengakuan bahwa semua informasi adalah sama-semuanya digital (Powell).
Biasanya, teknologi komunikasi yang baru tidak bisa sepenuhnya menggantikan teknologi lama, tetapi ia mungkin menyebabkan teknologi lama mengambil peran baru. Contohnya, televisi tidak meggantikan radio, tetapi membawa radio ke sistem pemrograman yang baru, termasuk acara perbincangan dan format musik yang spesifik.
Salah satu perubahan teknologi baru itu menyebabkan dipertanyakannya kembali definisi komunikasi itu sendiri. Definisi komunikasi massa yang sebelumnya sudah cukup jelas, yaitu bisa didefinisikan dalam tiga ciri:
1. Komunikasi massa diarahkan kepada audiens yang relatif besar, heterogen, dan anonim
2. Pesan-pesan yang disebarkan secara umum, sering dijadwalkan untuk bisa mencapai sebanyak mungkin anggota audiens secara serempak dan sifatnya sementara.
3. Komunikator cenderung berada atau beroperasi dalam sebuah organisasi yang kompleks yang mungkin membutuhkan biaya yang besar.
1.
(Wright, 1959).
Tetapi Internet, newsgroups, mailing lists, perbincangan di radio yang mengundang telepon pendengarnya, World Wide Web, televisi kabel multi saluran, dan buku-buku yang melampirkan disket-disket komputer, yang tidak dapat dikategorikan secara mudah apakah mereka termasuk dalam komunikasi massa atau bukan. Saat ini media-media tersebut dikategorikan sebagai lingkungan media baru, dimana beberapa ciri lingkungan media baru adalah sebagai berikut (McManus, 1994):
1. Teknologi yang dahulu berbeda dan terpisah seperti percetakan dan penyiaran sekarang bergabung.
2. Kita sedang bergeser dari kelangkaan media menuju media yang berlimpah.
3. Kita sedang mengalami pergeseran dari mengarah kepuasan massa audiens kolektif menuju kepuasan grup atau individu.
4. Kita sedang mengalami pergeseran dari media satu arah kepada media interaktif.
Bahkan pengajar juralisme Richard Cole mengemukakan: “Perbedaan-perbedaan antar-media menjadi samar-samar. Koran-koran menjadi lebih mirip majalah-majalah dan penyiaran” (Fonti, 1995).
Perkembangan Internet yang sangat cepat akhirnya menjadi bagian terpenting dalam bidang ekonomi. Sekarang ini e-commerce (perdagangan lewat Internet) mulai berperan penting dalam hidup kita. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh universitas Texas tahun 1999 menunjukkan bahwa e-commerce menjadi kekuatan utama dalam masyarakat kita. Total $350 miliar dialokasikan untuk ekonomi Internet pada tahun 1998(Gloss,1999). Hanya dalam waktu lima tahun sejak diperkenalkannya Word Wide Web, ekonomi Intenet sejajar dengan sektor yang telah ada seperti energi($223 miliar), otomobil (4350 miliar), dan telekomunikasi(4270 miliar) (laporan Indicators, 1999).
Internet pada dasarnya merupakan sebuah jaringan antar-komputer yang saling berkaitan. Jaringan ini tersedia secara terus-menerus sebagai pesan-pesan elektronik, termasuk e-mail, transmisi file, dan komunikasi dua arah antar individu atau komputer.
Internet sebagai sebuah jaringan pada Departemen Pertahanan dan Komunikasi Ilmiah sudah ada kira-kira selama 20 tahun. Apa yang membuat jaringan itu tiba-tiba menarik bagi para pengguna awam adalah penemuan Mosaic pada tahun 1993, sebuah browser untuk World Wide Web yang telah membuat sumber-sumber Internet yang lebih banyak dapat diakses (Maney,1995). Mosaic membiarkan para pengguna menggunakan materi Internet dengan hanya menunjuk dengan sebuah tanda panah dan mengklik sebuah tetikus (mouse), dan hal itu mempermudah untuk melihat grafik online. Bahkan, Netscape dengan penyediaan akses yang lebih mudah dan lebih cepat, segera menggantikan Mosaic sebagai web browser yang paling terkenal.
Pada saat yang hampir sama, software web browsing yang lebih mudah digunakan telah dikembangkan, World Wide Web sendiri telah menunjukkan pertumbuhan yang fenomenal dalam jumlah situs. Levy menggambarkan Internet sebagai “saluran komunikasi yang tidak terbatas, pembangunan komunikasi, iklan elektronik dan interaksi yang sangat kompleks yang mengaburkan batas antara penyedia dan konsumen” (Levy, 1995).
Internet menjadi sebuah medium berita baru pada bulan Januari tahun 1998 saat Matt Drudge menggunakan website untuk mengumumkan bahwa “Newsweek” telah menyembunyikan berita tentang keterlibatan Presiden Clinton dengan Monica Lewinsky di Gedung Putih. Beberapa ahli mengatakan bahwa laporan Drudge itu telah menaikkan pamor Internet sebagaimana sumber berita seperti Perang Teluk untuk CNN dan pembunuhan John F. Kennedy untuk televisi (Lissit, 1998).
Tonggak penting lain bagi masyarakat dalam mendapatkan informasi mungkin terjadi pada 11 September 1998, ketika Start Report muncul di Internet. Itulah saat pengaksesan tertinggi yang pernah terjadi melalui Internet (Clothier, 1998).
Tingkat perhatian terhadap website biasanya dinyatakan dalam hits, yaitu jumlah akses atau berapa kali situs itu diakses oleh pengguna. Time-Warner’s Pathfinder menyatakan telah menerima lebih dari satu juta akses per minggu. Website majalah Penthouse mendulang dua juta akses setiap hari. Tapi jumlah pengguna akses yaitu orang-orang yang benar-benar meghabiskan waktu dan mencari informasi, hanya berjumlah satu persen dari jumlah keseluruhan hits (Chao, 1995).
Sekarang ini banyak bisnis yang memakai webpage, sering kali tanpa tujuan yang jelas tentang kegunaanya (Maney, 1995). Kadang hanya sekedar keharusan mempunyai sebuah website. Salah satu permasalahannya adalah website dipandang sebagai media untuk menempatkan iklan, hal ini menunjukkan kecenderungan melihat media baru dengan cara pandang yang lama. Tapi website yang baik memberikan lebih dari sekedar menampilkan pesan sponsor – ia bersifat interaktif, menawari pengguna website berbagai macam cara untuk bisa bergabung dalam kegiatan dan sumber secara online.
Internet juga berperan dalam perkembangan suatu negara. Pemerintah Cina menggunakan Internet sebagai sarana pada permulaan abad dua puluh satu. Sekitar 300.000 orang Cina telah mengakses Internet pada tahun 1998 dan diharapkan bertambah pada tahun 2000 (Ramo, 1998). Pemerintah sepertinya kurang peduli dibandingkan tahun sebelumnya dalam mengontrol pengaksesan Internet, walaupun masih ada pemblokiran situs barat seperti Time Warner’s Pathfinder.
Internet juga mendapatkan beberapa kritikan. Penulis esai Sven Birkets berpendapat bahwa adanya perubahan dari budaya cetak ke budaya elektronik akan menyebabkan pemiskinan bahasa. Dia menyatakan bahwa komunikasi elektronik mengarah kepada penggunaan “bahasa sederhana” seperti dalam telegram (Birkets, 1994). Dia meramalkan bahwa kita akan melihat sebuah penurunan penggunaan bentuk bahasa halus seperti ambiguitas, pertentangan, ironi, dan humor.
Kelemahan lain dari Internet dan World Wide Web adalah kekuatannya untuk menjauhkan orang-orang dari dunia nyata terra firma¬-bumi, tumbuhan, bunga, dan sinar matahari. Clifford Stoll seorang pengarang beberapa buku di Internet meyatakan bahwa masalahnya adalah bahwa “waktu tiga atau empat jam habis di depan komputer tetapi tidak dengan keluarga, suami/istri atau masyarakat” (Haring, 1995).
Pemerintah Indonesia bahkan mulai mendorong kepada warganya untuk meggunakan media Internet seperti yang dilakukan oleh Depkominfo yang mensponsori penayangan berbagai iklan di media televisi. Dimana iklan tersebut menggambarkan bahwa anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar pun dapat memanfaatkan media internet sebagai akses pencarian data jika diberikan tugas membuat kliping.
Tapi apakah penggunaan Internet memang dapat memberikan manfaat positif atau malah dapat berdampak negatif pada para penggunanya masih dapat belum dipastikan, Seperti dijabarkan diatas ada banyak manfaat positif yang didapat dari penggunaan media Internet, tapi ada juga beberapa dampak negatif yang dapat dialami oleh para pengguna Internet.
Seperti diketahui bahwa pengguna media Internet dapat menelusuri apa saja yang diinginkannya, terlepas dari apakah hal tersebut memberikan kontribusi positif bagi pengguna tersebut atau bahkan berdampak rusaknya moralitas penggunanya.
http://kuliahkomunikasi.com/2008/11/perkembangan-internet-sebagai-media-komunikasi/
komunikasi melalui Internet
Komunikasi merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi manusia dengan sesamanya untuk berinteraksi. namun dalam berhal komunikasi ini lah yang bisa dengan berbagai cara. contohnya bisa secara langsung maupun tidak langsung. apabila komuikasi secara langsung adalah dengan bertemu orang yang akan kita aja berbicara secara langsung. dan berkomunikasi secra tidak langsung adalah dengan tidak bertemu dengan orang yang ingin kita ajak untuk berkomunikasi, tetapi berkomunikasi melalui alat yaitu mungkin dengan melalui telepon selluler, short message service(sms) ataupun dengan melalui komputer. komunikasi melalui komputer pun bisa melalui dengan berbagai media yaitu internet. apalagi dengan di jaman sekarang mulai berkembang cara untuk berkonikai. misalkan melalui media facebook, twitter, yahoo messanger, dll. ini di sediakan untuk memudahkan kita untuk saling berkomunikasi. pada jaman dahulu mungkin saja tidak secanggih komunikasi dengan jaman sekarang, mungkin pada jaman dahulu yang paling trend adalah dengan telepon saja sudah cukup. namun pada jaman era globalisasi sekarang ini berbagai macam sarana untuk berkomunikasi dan lebih mudah dan menarik, hanya saja kita harus mengetahui bagaimana cara menggunakannya. apabila dengan menggunakan internet kita membutuhkan cara penggunaan dan mungkin membutuhkan biaya untuk memasang internet(apabila di rumah). penggunaan komunikasi melalui internet harus melalui sarana tertentu dan orang yang kita ajak komunikasi tersebut harus mempunyai account yan sm seperti kita. contohnya apabila kita ingin berkomunikasi melalui yahoo email, kita dan orang yang ingin kita ajak berkomunikasi harus sama- sama mempunyai yahoo email, baru kita berkomunikasi dengan lancar. sebenarnya masih banyak sarana yang bisa digunkan untuk bekomunikasi melalui internet, hanya saja kita ingin mencari yang aman dan lebih efektif. kemudian bisa juga berkomunikasi dengan melihat orang yang akan kita ajak berkomunikasi yaitu dengan cara menggunakan webcame hanya saja kita membutuhkan alat tersebut dan mengetahui cara menggunakannya. dari hal- hal dan cara berkomunikasi seperti itulah yang sedang digunakan oleh para pengguna untuk berkomunikasi dengan lawan bicarnya untuk di jaman era globalisasi sekarang.
http://nonachubby-artha.blogspot.com/2010/10/komunikasi-melalui-internet.html

DAMPAK INTERNET DALAM DUNIA KOMUNIKASI
Komunikasi adalah proses penyampaian informasi, gagasan emosi untuk mencapai sesuatu bersama atau pertukaran pesan agar tercapai pemahaman yang sama tentang pandangan, gagasan dan pengalaman. Komunikasi itu bersifat timbal balik, bersifat simbolik, dan komunikasi itu mengenal konteks orang, tempat dan waktu. Tanpa komunikasi maka manusia tidak dapat melakukan apa-apa. Karena komunikasi adalah alat yang sangat penting dan sangat diperlukan untuk berinteraksi dalam kehidupan sehari-hari. komunikasi sangat penting dan diperlukan dalam segalah bidang kehidupan. Mulai dari masyarakat yang terkecil hingga terbesar memerlukan komunikasi. Dalam komunikasi tedapat Proses penyampaian pesan dari seseorang (pengirim) kepada orang lain (penerima) dengan maksud menerima umpan balik. Manfaat dari komunikasi sendiri adalah Membantu pertumbuhan kepribadian yang sehat, membantu memenuhi kebutuhan hidup, mengembangkan hubungan interpersonal. Begitu pulah dalam dunia internet komunikasi sangat diperlukan.
Pengertian internet adalah diartikan jaringan computer luas yang menghubungkan pemakai computer satu computer dengan computer lainnya dan dapat berhubungan dengan computer dari suatu Negara ke Negara di seluruh dunia , dimana didalamnya terdapat berbagai aneka ragam informasi Fasilitas layanan internet Browsing atau surfing Yaitu kegiatan “berselancar” di internet. Secara gampangnya internet itu adalah gabungan dari jaringan-jaringan computer dalam sekala luas dan besar dimana masing-masing computer tersebut dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya menggunakan sebuah bahasa jaringan.
Internet adalah suatu alat komunikasi yang sangat banyak digemari orang saat ini. Baik itu anak sekolahan, mahasiswa, pegawai kantoran dan masih banyak lagi. Banyak hal yang bias didapatkan dari internet ini. Apa saja yang kita perlukan dapat dicari pada situs-situs yang ada pada internet. Segalah bentuk komunikasi dapat ditemukan disini. Dalam dunia internet sendiri kita dapat mendapatkan banyak komunikasi baik dunia pendidikan, hiburan, olaraga, berita-berita terkini baik dalam negeri maupun dunia luar. Semua bisa didapat disini, sangat lengkap dan berfariasi. Dengan adanya internet membuat dunia ini bagaikan dunia tanpa batas. Karena banyak hal kita dapat lakukan dalam dunia komunikasi yang satu ini. Kita dapat berhubungan dengan semua orang diberbagai belahan dunia. Dengan kemudahan yang semakin canggi selalu mengikuti perkembangan zaman yang semakin maju.
Internet membuat kemudahan bagi kita untuk melakukan komunukasi, apa lagi dengan adanya fitur-fitur pada internet seperti google yang bisa membantuh kita dalam pencarian informasi dan data-data yang sedang kita butuhkan. Bukan saja itu terdapat juga fitur facebook yang lagi ramai digunakan orang untuk memberikan berbagai macam komunikasi. Dengan adanya layanan ini maka maka kita dapat berhubungan dengan orang-orang, serta kerabat kita baik dalam negeri maupun yng diluar negeri, bukan saja itu terdapat juga Elektronik mail (E-mail) Fasilitas ini digunakan untuk berkirim surat dengan orajng lain, tanpa mengenal batas waktu, ruang bahkan birokrasi. Searching yaitu kegiatan mencari data atau informasi tertentu di internet. Catting fasilitas ini digunakan untuk berkomunikasi secara langsung dengan orang lain di internet.pada umumnya fasilitas ini sering digunakan untuk bercakap-cakap atau ngobrol di internet. world wide web(WWW) dengan world wide web(WWW) ini anda dapat mengambil, memformat ,dan menampilkan informasi (termasuk teks ,audio, grafik dan video) dengan menggunakan hypertekxt links. Mailing list Fasilitas ini digunakan untuk berdiskusi secara elektronik dengan menggunakan E-mail. mailing list ini digunakan untuk bertukar infomasi, pendapat dan lain sebagainya. Newsgroup Fasilitad ini digunakan untuk berkoferensi jarak jauh ,sehingga anda dapat menyampaikan pendapat dan tanggapan dalam internet .
Bukan saja itu, Download Adalah proses mengambil file dari computer lain melalui internet ke komputer kita. Upload Adalah proses meletakkan file dari computer kita ke computer lain melalui internet. File transfer protocol (FTP) Fasilitas ini digunakan untuk melakukan pengambilan arsip atau file secara elektroniok atau transfer file dari satu computer ke computer lain di internet .beberapa di internet telah tersedia file atau document yang siap untuk diduplikat oleh orang lain secara gratis. Telnet fasilitas ini digunakan untuk masuk ke system computer tertentu dan bekerja pada system komputer lain. Ghoper Fasilitas ini digunakan untuk menempatkan informasi yang di simpan pada internet servers dengan menggunakan hirarkhi dan anda dapat mengambil informasi tersebut. Dan masih banyak lagi fitur-fitur pada internet yang setiap saat akan selalu memberikan informasi-informasi yang terbaru kepada kita pada saat kita membutuhkan informasi tersebut. Dengan demikian maka untuk hal berkomunikasi dapat kita lakukan secara mudah dan cepat dengan menggunakan fasilitas tercanggi yang terdapat pada jaringan internet sendiri.
Tapi terkadang ada pikiran-pikiran atau gagasan-gagasan yang menyatakan bahwa internet dapat mendatangkan suatu dampak negative. Pada internet terdapat situs-situs porno, internet itu adalah virus dan hal-hal negative lainnya. Pada hal yang paling terpenting adalah bagaimana dari diri kita sendiri melihat tentang hal tersebut. Bagaimana cara kita menggunakan sarana komunikasi ini sebagai sesuatu yng bermanfaat, dan berguna bagi kita dan masyarakat luas. Karena kita harus bersyukur dengan hadirnya internet kita dapat melakukan berbagai hal dalam alat komunikasi yang satu ini, dan berbagai macam hal-hal mudah yang dapat kita lakukan. Internet telah mengubahkan dunia ini, dengan adanya internet menjadikan dunia ini bagaikan duni tanpa batas. Gunakan internet sebagai sarana alat komunikasi yang dapat membatuh kita untuk hal-hal yang posotif dan berguna.
http://zesy-rahantoknam.blogspot.com/2010/01/dampak-internet-dalam-dunia-komunikasi.html

Nikmatnya Berkomunikasi dengan Internet

Buat sepasang kekasih, long distance relationship mungkin menjadi salah satu momok yang menakutkan. Sudah banyak pasangan yang harus putus di tengah jalan hanya karena dipisahkan oleh jarak. Keinginan untuk saling berkomunikasi dan bertemu dengan pasangannya setiap waktu, wajar dimiliki oleh orang yang pacaran. Maka dari itu, hubungan jarak jauh menjadi salah satu hal yang paling dihindari oleh setiap pasangan. Teknologi telah menawarkan banyak sekali solusi untuk permasalahan di atas. Permasalahan tersebut mungkin telah terjawab dengan adanya telepon dan handphone. Teknologi tersebut membuat komunikasi dari tempat satu ke tempat lainnya bukan merupakan hal yang sulit. Namun terdapat kendala lain yaitu biaya yang dikenakan untuk percakapan jarak jauh yang sangat mahal, sehingga tidak dapat dijangkau oleh semua kalangan apalagi bagi remaja yang masih bergantung pada orang tua. Lalu adakah solusi yang lebih terjangkau? Mungkin jaringan yang saat ini sedang booming dapat menyediakan solusinya. Internet sudah cukup menawarkan banyak fasilitas, mulai dari e-mail yang sudah tidak asing di telinga kamu sampai VoIP yang menawarkan layanan telekomunikasi murah melalui jaringan internet. Kamu tinggal pilih saja mana yang mau digunakan. Sekarang mari kita coba lebih mengenal fasilitas apa saja yang disediakan oleh internet.

1. E-mail

E-mail atau electronic mail pasti tidak asing lagi di telinga kamu. Setiap hari jutaan e-mail dikirim melalui intenet. Adalah Ray Tomlinson seorang insinyur yang pertama kali mengirim sebuah e-mail pada tahun 1971. Sebelumnya pesan atau surat elektronik hanya dapat dikirim dalam satu mesin atau komputer saja. Tetapi Tomlinson membuktikan bahwa surat elektronik tersebut dapat dikirmkan ke komputer lain melalui jaringan internet. Dengan menggunakan tanda “@” sebagai pembeda antara nama pengirim dengan nama mesinnya. Pada awalnya e-mail hanya sebuah surat yang berisikan text dan kemudian dikirimkan kepada penerimanya. Namun sekarang ini dengan adanya fasilitas untuk menambah attachment (pelengkap), kita bisa menambahkan data tambahan seperti gambar, dokumen, dan lainnya untuk dikirim lewat e-mail. Untuk dapat melihat e-mail yang kita terima dibutuhkan sebuah e-mail client. Ada beberapa e-mail client yang sudah tidak asing seperti Microsoft Outlook, Outlook Express, Eudora atau Pegasus. Namun, bagi orang-orang yang berlangganan pada e-mail client seperti Yahoo!, Google atau Hotmail dapat melihat e-mail yang masuk di web page tersebut. Apapun e-mail client yang kamu gunakan biasanya mereka akan menyediakan beberapa hal seperti:
• Menampilkan message yang ada dalam mailbox kamu dengan menampilkan semua header dari message. Header tersebut juga menampilkan siapa yang mengirimkan message, subjeknya dan tanggal serta waktu pengiriman.
• Jika kamu memilih salah satu header maka keseluruhan tubuh message akan tampil.
• Kamu juga bisa mengirimkan message dengan menuliskan subjek dan alamat penerimanya. Kemudian, tulis keseluruhan message yang mau kamu kirimkan.
• Kamu juga bisa menambahkan attachment pada message kamu dan menyimpan attachment yang kamu dapat dari messegae yang kamu terima.
Untuk e-mail yang memberikan layanan melalui akses internet atau web page sering juga disebut webmail. Ini adalah e-mail yang umum kita kenal seperti di Gmail, Yahoo! Mail atau Hotmail. Keuntungan dari e-mail jenis ini adalah kita bisa melihat inbox kita melalui jaringan internet, sebaliknya jika kita tidak terkoneksi dengan jaringan internet kita tidak dapat melihat message yang masuk atau mengirim e-mail baru. Dimulai pada tahun 1997, layanan Hotmail diperkenalkan dan langsung menjadi webmail terpopuler pertama. Setelah kesuksesan Hotmail, Yahoo! mengeluarkan layanan Yahoo! Mail yang terus berkembang dan menjadi sangat terkenal. Pada tahun 2004 Google juga memperkenalkan layanan Gmail-nya dengan menambahkan beberapa fitur baru yang tidak ada dalam webmail sebelumnya.

2. Chatting

Fasilitas kedua ini tentunya sudah tidak asing lagi buat kamu yang sudah sering surfing di dunia maya. Disini kita bisa mengobrol dengan lawan bicara kita melalui jaringan internet dengan cara mengetikkan apa yang mau kita bicarakan di dalam sebuah chat room. Chat room adalah suatu ruangan virtual di internet yang sengaja dibuat untuk memberikan fasilitas chating pada pengguna internet. Untuk menggunakan fasilitas ini cukup mudah, pada MiRC misalnya kamu hanya perlu menginstal softwarenya saja di komputer kamu. Software-nya pun dapat kamu download dari internet dengan gratis. Setelah terinstal di komputer, kamu tinggal menentukan nickname yang akan kamu gunakan dan kamu akan berjumpa dengan orang-orang yang sedang online di seluruh dunia.

Selain MiRC yang sempat booming beberapa waktu lalu, masih banyak sekali contoh chat room yang bisa kamu gunakan. Saat ini, social networking site seperti Friendster, Live Connector dan Myspace juga menyediakan layanan chat room untuk semua member yang mempunyai ID di situs tersebut. Kamu bisa mengobrol dengan teman yang sudah kamu kenal atau kamu juga bisa mendapatkan teman baru dari fasilitas dunia maya ini. Hal ini dikarenakan yang menjelajah di dunia maya tidak hanya sebatas dalam satu negara, tetapi di seluruh penjuru dunia.

3. Instant Messaging

Buat kamu yang tidak sabar kalau harus menunggu balasan e-mail, ada satu lagi yang ditawarkan oleh jaringan internet yaitu instant messaging. Instant messaging adalah suatu bentuk layanan dimana menyajikan komunikasi realtime melalui internet yang cara kerjanya hampir sama dengan chatting. Berbeda dengan e-mail yang harus menunggu si penerima on-line dan membalas e-mail kita, dengan instant messaging kita tidak perlu berlamalama menunggu message yang kita kirimkan dibalas oleh penerimanya. Dengan instant messaging ini kita dapat menyimpan daftar alamat instant messaging orangorang yang berinteraksi dengan kita dalam buddy list atau contact list. Kita juga dapat mengetahui apakah mereka online atau tidak. Pada awal tahun 1990 orang-orang mulai banyak yang menghabiskan waktunya dengan internet. Creative Software Development mencoba mengembangkan sebuah software chat room dan memasangnya di dalam web server. Di dalam chat room ini sekelompok orang bisa saling mengirimkan message yang dapat dilihat oleh semua orang dalam chat room tersebut.

Pada dasarnya instant messaging adalah chat room hanya untuk 2 orang. Instant messaging yang sebenarnya muncul di internet pada November 1996 diawali oleh Mirabilis yan memperkenalkan ICQ, sebuah instant messaging gratis yang dapat digunakan oleh semua orang. ICQ menggunakan sebuah software aplikasi yang harus di-install di komputer, barulah kamu bisa menikmati fasilitas instant messaging ini. Pada tahun 1997 AOL dipertimbangkan sebagai pelopor dari komunitas on-line. AOL menawarkan kepada penggunanya fasilitas untuk berbicara secara langsung dengan lawan bicara di dalam chat room atau instant messaging seperti halnya kita menelepon. Akhirnya pada tahun 1998 AOL mengambil alih Mirabilis berikut ICQ-nya. Lalu ICQ menjadi model acuan untuk fasilitas instant messaging yang banyak ditawarkan saat ini.

Sekarang ini banyak sekali software instant messaging yang menawarkan banyak fasilitas-fasilitas tambahan bagi penggunanya. Mulai dari Yahoo! Messenger, MSN Messenger hingga Google Talk memiliki keunggulan masing-masing. Tidak hanya dapat mengetikkan teks saja dan mengirimkannya kepada lawan bicara kamu, kamu juga bisa mengirimkan data seperti gambar dan dokumen melalui instant messaging ini. Dengan menggunakan webcam kamu juga bisa melihat wajah lawan bicara kamu di layar monitor dan saling berkomunikasi layaknya orang bertelepon. Kamu sekarang tinggal pilih mau menggunakan software apa. Selain di komputer, sekarang kamu juga sudah menikmati instant messaging di handphone atau PDA kamu.

4. VoIP (Voice over Internet Protocol)

Inilah fasilitas teranyar yang ditawarkan internet kepada para penjelajahnya. VoIP adalah sebuah metode untuk mengirimkan sinyal suara analog yang seperti biasanya kita sering dengar di telepon atau orang yang berbicara lalu diubah ke dalam data digital dan kemudian dikirimkan melalui jaringan internet. Dengan VoIP kamu bisa berbicara layaknya telepon biasa namun perbedaannya adalah kamu tidak lagi dikenakan tarif pulsa seperti pada telepon pada umumnya. VoIP sering juga disebut IP Telephony, Broadband Phone, Internet Phone, dan lainnya. Jangkauan VoIP ini sendiri bisa ke seluruh dunia, jadi kamu tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk melakukan sambungan ke luar negeri.

Teknologi untuk melakukan pembicaraan suara melalui internet muncul sejak tahun 1990. Sebenarnya sejak internet dan jaringan mulai dikenal pada tahun 1973, teknologi untuk mentransmisi suara melalui jaringan sudah menarik minat para ahli untuk mengembangkannya. Pada tahun 1996 munculah Vocaltec Internet Release 4 yang memperkenalkan VoIP kepada masyarakat dunia dengan fiturnya voice mail dan caller ID. Namun Vocaltec hanya dapat digunakan antar sesama pengguna saja, belum bisa berhubungan dengan POTS (Plain Old Telephone Service) atau kita kenal dengan telepon rumah.

http://file-magz.com/newfile/articleevent/viewarticle/5/513/none/none

Macam-macam tipe koneksi ke internet
Ada berbagaimana macam tipe koneksi ke internet, baik yang mengunakan kabel (wire) maupun yang tanpa kabel (wireless). Hal itu didukung dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini memungkinkan kita dapat menghubungkan komputer kita dengan internet melalui berbagai cara, adapun tipe-tipe koneksi sebagai berikut:
Tipe koneksi ke internet dengan kabel
1.Dial-Up (Kecepatan Akses Internet-Dial Up melalui Jalur PSTN)
Apakah di rumahmu sudah terpasang saluran telepon? Jaringan telepon yang sudah merambah dengan luas. Jika sudah dan kita memiliki komputer maka kita dapat terkoneksi dengan internet. Cara menghubungkan komputer kita ke internet menggunakan kabel telepon biasa atau lebih sering disebut dengan dial up. Dial-up melalui jalur PSTN (Public Switched Telephone Network) yaitu cara kita. terhubung ke ISP (Internet Service Provider) melalui jaringan telephone reguler (PSTN) contohnya adalah “Telkomnet Instan” dari ISP Telkom.
Dial-up Connection ini pada umumnya digunakan oleh pribadi-pribadi yang menginginkan untuk mengakses Internet dari rumah. Komputer yang digunakan untuk dial-up pada umunya adalah sebuah komputer tunggal (bukan jaringan komputer). Kecepatan akses internet menggunakan dial up dapat mencapai maksimal dengan kecepatan 56 kilo byte persecond (kbps).
2.ADSL (Kecepatan Akses Internet-ADSL)
ADSL (Asymetric Digital Subscriber Line) adalah suatu teknologi modem yang bekerja pada frekuensi antara 34 kHz sampai 1104 kHz. Inilah penyebab utama perbedaan kecepatan transfer data antara modem ADSL dengan modem konvensional (yang bekerja pada frekuensi di bawah 4 kHz). Keuntungan ADSL adalah memberikan kemampuan akses internet berkecepatan tinggi dan suara/fax secara simultan (di sisi pelanggan dengan menggunakan splitter untuk memisahkan saluran telepon dan saluran modem).
Berapakah Bandwith maksimum yang didapat apabila kita menggunakan akses internet menggunakan ADSL: Untuk line rate 384 kbps, bandwidth maksimum yang didapatkan mendekati 337 kbps, Untuk line rate 384 kbps, throughput rata-rata (kecepatan download) yang bisa didapatkan sekitar 40 Kb/s, Untuk line rate 512 kbps, bandwidth maksimum yang didapatkan mendekati 450 kbps. Untuk line rate 512 kbps, throughput rata-rata (kecepatan download) yang bisa didapatkan sekitar 52 Kb/s.
3.LAN (Kecepatan Akses Internet-LAN)
Salah satu cara untuk terhubung ke internet adalah dengan menghubungkan komputer Anda ke jaringan komputer yang terhubung ke internet. Cara ini banyak digunakan di perusahan, kampus-kampus, dan warnet-warnet. Sebuah komputer yang dijadikan server (komputer layanan) di hubungkan ke internet. Komputer lain di jaringan tersebut kemudian dihubungkan ke server tersebut. Biasanya komputer yang berfungsi sebagai server dihubungkan dengan sebuah Internet Service Provider (ISP) melalui kabel telepon atau melalui antena. Sedangkan untuk menghubungkan komputer ke komputer server dilakukan dengan menggunakan kartu LAN (LAN Card) dan kabel koaksial (UTP).
Local Area Network biasa disingkat LAN adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil. Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN.
4. TV Kabel (Kecepatan Akses Internet)
Pernahkan Anda mendengar Televisi/TV kabel? Siaran TV sering menwarkan perangkat TV kabel. Jaringan TV kabel untuk menghubungkan komputer ke internet telah banyak digunakan. Televisi kabel dinilai cocok terutama untuk pengguna internet dari kalangan keluarga (rumah tangga). Kelebihan mengakses internet dengan menggunakan jaringan TV kabel dapat mengakses internet setiap saat dan bebas dari gangguan telepon sibuk.
Jaringan TV kabel ini dapat dipakai untuk koneksi ke internet dengan kecepatan maksimum 27Mbps downstream (kecepatan download ke pengguna) dan 2,5Mbps upstream (kecepatan upload dari pengguna). Agar dapat menggunakan modem kabel, komputer harus dilengkapi dengan kartu ethernet (ethernet card).
Di dalam jaringan rumah, kabel dari “TV kabel” menggunakan kabel koaksial dan dipasang sebuah “pemisah saluran” (splitter) kabel. Setelah kabel dari jaringan (cable network) melewati splitter, kabel tersalur dalam dua saluran, satu ke TV dan satu lagi ke modem kabel. Dari modem kabel baru menuju kartu ethernet dan kemudian ke komputer.
Tipe koneks ke internet dengan Tanpa kabel (wireless)
1.GPRS (Kecepatan Akses Internet-GPRS)
Tentu Anda mengenal handphone (HP) bukan? Kebutuhan industri akan komunikasi bergerak menyebabkan GPRS menjadi salah satu teknologi komunikasi data yang banyak digunakan saat ini. GPRS adalah kepanjangan dari General Packet Radio Service yaitu komunikasi data dan suara yang dilakukan dengan menggunakan gelombang radio. GPRS memiliki kemampuan untuk mengkomunikasikan data dan suara pada saat alat komunikasi bergerak (mobile).
Sistem GPRS dapat digunakan untuk transfer data (dalam bentuk paket data) yang berkaitan dengan e-mail, data gambar (MMS), dan penelusuran (browsing) Internet. Layanan GPRS dipasang pada jenis ponsel tipe GSM dan IS-136, walaupun jaringaan GPRS saat ini terpisah dari GSM.
Dalam teorinya GPRS menjanjikan kecepatan mulai dari 56 kbps sampai 115 kbps, sehingga memungkinkan akses internet, pengiriman data multimedia ke komputer, notebook dan handheld computer. Namun, dalam implementasinya, hal tersebut sangat tergantung faktor-faktor sebagai berikut:
• Konfigurasi dan alokasi time slot pada level BTS
• Software yang dipergunakan
• Dukungan fitur dan aplikasi ponsel yang digunakan
Ini menjelaskan mengapa pada saat-saat tertentu dan di lokasi tertentu akses GPRS terasa lambat, bahkan lebih lambat dari akses CSD yang memiliki kecepatan 9,6 kbps.
2. 3G (Kecepatan Akses Internet-3G)
3G (dibaca: triji) adalah singkatan dari istilah dalam bahasa Inggris: third-generation technology. Istilah ini umumnya digunakan mengacu kepada perkembangan teknologi telepon nirkabel (wireless).
3G sebagai sebuah solusi nirkabel yang bisa memberikan kecepatan akses:
• Sebesar 144 Kbps untuk kondisi bergerak cepat (mobile).
• Sebesar 384 Kbps untuk kondisi berjalan (pedestrian).
• Sebesar 2 Mbps untuk kondisi statik di suatu tempat.
Jaringan 3G tidak merupakan upgrade dari 2G; operator 2G yang berafiliasi dengan 3GPP perlu untuk mengganti banyak komponen untuk bisa memberikan layanan 3G. Sedangkan operator 2G yang berafiliasi dengan teknologi 3GPP2 lebih mudah dalam upgrade ke 3G karena berbagai network element nya sudah didesain untuk ke arah layanan nirkabel pita lebar (broadband wireless). Jaringan Telepon Telekomunikasi selular telah meningkat menuju penggunaan layanan 3G dari 1999 hingga 2010. Jepang adalah negara pertama yang memperkenalkan 3G secara nasional dan transisi menuju 3G di Jepang sudah dicapai pada tahun 2006. Setelah itu Korea menjadi pengadopsi jaringan 3G pertama dan transisi telah dicapai pada awal tahun 2004, memimpin dunia dalam bidang telekomunikasi.
3.Wifi (Kecepatan Akses Internet-WiFi)
Pernahkan kalian melihat sambungan komunikasi tanpa kabel? Teknologi itu dikenal dengan Wirelless Fidelity (WiFi). Teknologi jaringan tanpa kabel menggunakan frekuensi tinggi berada pada spektrum 2,4 GHz. Wi-Fi memiliki pengertian yaitu sekumpulan standar yang digunakan untuk Jaringan Lokal Nirkabel (Wireless Local Area Networks – WLAN) yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11. Standar terbaru dari spesifikasi 802.11a atau b, seperti 802.16 g, saat ini sedang dalam penyusunan, spesifikasi terbaru tersebut menawarkan banyak peningkatan mulai dari luas cakupan yang lebih jauh hingga kecepatan transfernya.
Wi-Fi (Wireless Fidelity) adalah koneksi tanpa kabel seperti handphone dengan mempergunakan teknologi radio sehingga pemakainya dapat mentransfer data dengan cepat dan aman. Wi-Fi tidak hanya dapat digunakan untuk mengakses internet, Wi-Fi juga dapat digunakan untuk membuat jaringan tanpa kabel di perusahaan. Karena itu banyak orang mengasosiasikan Wi-Fi dengan “Kebebasan” karena teknologi Wi-Fi memberikan kebebasan kepada pemakainya untuk mengakses internet atau mentransfer data dari ruang meeting, kamar hotel, kampus, dan café-café yang bertanda “Wi-Fi Hot Spot”. Juga salah satu kelebihan dari Wi-Fi adalah kepraktisan,tidak perlu repot memasang kabel network. Untuk masalah kecepatan tergantung sinyal yang diperoleh.
Wireless Broadband (Kecepatan Akses Internet-Wireless Broadband)
Wireless Broadband memungkinkan akses internet broadband ke berbagai perangkat. Termasuk ponsel, komputer notebook, dan PDA. Dari segi mobilitas, Wireless Broadband juga dinilai lebih efisien ketimbang WiFi yang sekarang menjadi standar internet nirkabel. Jangkauan WiFi masih terbatas kira-kira sampai 100 meter, sementara Wibro diklaim dapat diakses sampai jarak 1 kilometer dari stasiun pemancarnya.
Akses Wireless Broadband juga disebut masih bisa diterima di dalam kendaraan berkecepatan 60 kilometer per jam. WiBro dikembangkan Samsung bersama dengan Electronics and Technology Research Institute (ETRI) dan telah mendapat sertifikat dari Wimax Forum. Teknologi ini mampu mengirim data dengan kecepatan hingga 50 Mbps. Kecepatan transfer data mampu mengungguli kecepatan transfer data berplatform HSDPA yang memiliki kemampuan mengirim data hingga 14 Mbps.
Berbagai tipe tersebut hanyalah beberapa contoh saja, masih ada tipe-tipe koneksi yang lain, dan semakin majunya perkembangan teknologi tentunya akan semakin berkembangn juga teknologi akses intetnet dalam segi kecepatan akses dll.
http://rudi.blog.uns.ac.id/2010/11/08/macam-macam-tipe-koneksi-ke-internet/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: