Sistem Informasi Psikologi (Skripsi)

PEMBUATAN APLIKASI TES KEPRIBADIAN BERBASISKAN SISTEM PAKAR MENGGUNAKAN VISUAL STUDIO.NET 2008

Latar Belakang
Salah satu dari pemanfaatan dan penggunaan perkembangan teknologi komputer adalah di dalam ilmu pengetahuan, yang terdiri dari berbagai cabang ilmu pengetahuan. Salah satunya ialah di dalam cabang ilmu Psikologi.
Dalam praktiknya selama ini di dalam ilmu psikologi sebagian besar masih menggunakan cara – cara dan metode lama dalam proses memahami dan mempelajari sisi psikologis suatu objek.
Tentunya hal ini dirasakan kurang efisien dan memakan waktu yang cukup lama dalam prosesnya, selain itu rasa jenuh rentan terjadi selama proses tersebut yang kemungkinan berdampak pada kesimpulan yang dihasilkan.
Berdasarkan alasan tersebut penulis tertarik untuk mencoba membuat suatu aplikasi di bidang psikologi, khususnya pada sub bidang kepribadian dimana aplikasi tersebut menggunakan pengetahuan komputer di bidang kecerdasan buatan ( artificial intelegent technique atau ai ) khususnya cabang sistem pakar ( expert system ).

Rumusan Masalah
Bagaimana membuat suatu program aplikasi yang berbasiskan sistem pakar yang dapat digunakan untuk mengukur kepribadian seseorang dengan tampilan yang sedemikian rupa sehingga menarik, mudah dan nyaman digunakan.

Tujuan
Tujuan dari penulisan ini adalah untuk membuat suatu bentuk baru dalam pelaksanaan pengukuran kepribadian ( tes kepribadian ) yang berbasiskan sistem pakar yang dibuat dalam sebuah aplikasi perangkat lunak yang sedemikian rupa.

Pengertian Sistem Pakar
Sistem pakar atau expert sistem adalah sebuah perangkat lunak komputer yang memiliki basis pengetahuan untuk domain tertentu dan menggunakan penalaran inferensi menyerupai seorang pakar dalam memecahkan masalah.

Komponen Sistem Pakar
Komponen sistem pakar :
1. user interface
memungkinkan pemakai untuk dapat berinteraksi dengan system pakar
2. knowledge base
menyeimpan pengetahuan gabungan yg digunakan untuk memecahkan masalah tertentu.
3. inference engine
memberikan kemampuan penalaran yang menginterpretasikan isi dari knowledge base
4. development engine
digunakan oleh ahli dan analisis system untuk menciptakan sistem pakar.

Output sistem pakar :
1. penjelasan pertanyaan
2. penjelasan pemecahan masalah

Bentuk Sistem Pakar
Ada 4 bentuk sistem pakar, yaitu :
1. Berdiri sendiri. Sistem pakar jenis ini merupakan software yang berdirisendiri tidak tergantung dengan software yang lainnya.
2. Tergabung. Sistem pakar jenis ini merupakan bagian program yang terkandung didalam suatu algoritma (konvensional), atau merupakan program dimana didalamnya memanggil algoritma subrutin lain (konvensional).
3. Menghubungkan ke software lain . Bentuk ini biasanya merupakan sistem pakar yang menghubungkan ke suatu paket program tertentu, misalnya DBMS.
4. Sistem Mengabdi. Sistem pakar merupakan bagian dari komputer khusus yang dihubungkan dengan suatu fungsi tertentu. Misalnya sistem pakar yang digunakan untuk membantu menganalisis data radar.

Ciri-ciri Sistem Pakar
Sistem pakar yang baik harus memenuhi ciri-ciri sebagai berikut :
1. Memiliki fasilitas informasi yang handal.
2. Mudah dimodifikasi.
3. Dapat digunakan dalam berbagai jenis komputer.
4. Memiliki kemampuan untuk belajar beradaptasi.

Pengenalan Kepribadian dan Tes Kepribadian
Kepribadian atau personality berasal dari kata persona yang berarti masker atau topeng, maksudnya apa yang tampak secara lahir tidak selalu menggambarkan yang sesungguhnya (dalam bathinnya).
Tes Kepribadian adalah jenis tes yang bertujuan untuk mengetahui kepribadian seseorang. Kepribadian adalah unit psikologi yang bersifat covert atau tersembunyi dan tidak dapat dilihat dan hanya bisa diketahui dengan suatu tes tertentu yang bernama tes kepribadian. Model dan bentuknya bermacam-macam. Ada yang berbentuk pencil and paper test seperti MMPI (Minnesota Multiphasic Personality Inventory), ada yang berbentuk tes proyeksi seperti Tes Rorschach, TAT (Thematic Apperception test), dll.

Dalam tes kepribadian ini terdapat 12 kategori kepribadian yang bisa dipilih oleh user untuk mengukur kepribadiannya masing-masing, dimana ke-12 kategori kepribadian tersebut terdiri dari :

1. Kepribadian Hipokondriasis 7. Kepribadian Introvet
2. Kepribadian Depresi 8. Kepribadian Romantis
3. Kepribadian Psikopatis 9. Kepribadian jujur
4. Kepribadian Paranoia 10.Kepribadian Bersahabat
5. Kepribadian Panik 11.Kepribadian Bertanggung Jawab
6. Kepribadian Extrovert 12.Kepribadian Pemimpin

Setelah user memilih salah satu dari kategori kepribadian tersebut, lalu akan dilakukan proses pengukuran. Pengukuran dilakukan melalui sejumlah pertanyaan yang harus dijawab oleh user, disini user hanya perlu memilih option Ya atau option Tidak. Apbila pertanyaan yang ditampilkan sesuai dengan kepribadian user maka user harus memilih option Ya, namun apabila pertanyaan yang ditampilkan tidak sesuai dengan kepribadian user , maka user harus memilih option Tidak. Dalam setiap pertanyaan memiliki nilai tersendiri, di akhir dari pertanyaan nilai tersebut akan diakumulasikan sehingga akan didapat suatu total nilai yang akan dilanjutkan pada sebuah kesimpulan.

Rancangan Sistem Pakar
Sistem pakar untuk mengukur kepribadian seseorang sebenarnya hanya merupakan alat bantu untuk menentukan ukuran kepribadian seseorang berdasarkan kategori-kategori kepribadian.
Rancangan sistem pakar untuk mengukur kepribadian seseorang (tes kepribadian) memerlukan dua tahapan.
1.mentransformasikan berbagai informasi mengenai sikap dan tingkah laku seseorang yang langsung berhubungan dengan kepribadian melalui seorang pakar (dalam hal ini psikolog) ke dalam sistem pakar.
2.menerapkan informasi yang diperoleh ke dalam komponen sistem pakar.

Perancangan Basis Pengetahuan
Basis pengetahuan merupakan inti program sistem pakar dimana basis pengetahuan ini merupakan representasi pengetauan (knowledge representation). Basis pengetahuan didapat setelah informasi diorganisasikan secara terstruktur.

Dalam perancangan basis pengetahuan akan dibagi dalam dua tahap
1. menentukan metode penelusuran
2. menentukan basis aturan sebagai representasi basis pengetahuan

Perancangan Database
Program aplikasi tes kepribadian berbasiskan sistem pakar ini menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic.NET 2008 sebagai program utama dan juga menggunakan SQL Server 2000 sebagai file databasenya. File ini menggunakan tiga buah tabel, yakni :
1. Tabel Admin
Tabel ini digunakan untuk menyimpan nama dan password administrator pada saat login yang nantinya digunakan untuk mengakses halaman admin. Di halaman admin, administrator dapat menghapus isi dari database.
2. Tabel Kesimpulan
Tabel ini digunakan untuk menyimpan daftar kesimpulan dari masing – masing kategori kepribadian.
3. Tabel User
Tabel ini digunakan untuk menyimpan nama, jenis kelamin dan alamat user pada saat login sebelum melakukan test. Dan tabel ini digunakan juga untuk menyimpan kategori kepribadian dan kesimpulan.

Perancangan UML
Perancangan aplikasi tes kepribadian ini menggunakan UML ( Unified Modeling Language ) dalam perancangannya. Berikut adalah diagram – diagram yang digunakan dalam perancangan tersebut :

Use Case Diagram
Diagram ini digunakan untuk menggambarkan pengguna aplikasi dan perilaku pengguna terhadap aplikasi. Pengguna diwakili oleh aktor, sedangkan perilakunya diwakili oleh use case.
Sequence Diagram
Pada diagram sequence di bawah ini menggambarkan interaksi antara objek–objek dalam aplikasi, terjadinya komunikasi dan parameter waktu. Untuk mempermudah proses pemahaman sequence diagram yang digunakan, penulis membagi sequence diagram berikut menjadi dua bagian yakni :
1. Sequence diagram user
2. Sequence diagram Admin

Activity Diagram
Activity diagram menggambarkan proses-proses yang terjadi saat akt ifitas dimulai sampai dengan aktifitas berhenti. Activity diagram ini mirip dengan flowchart diagram.
Untuk mempermudah proses pemahaman activity diagram yang digunakan, penulis membagi activity diagram berikut menjadi tiga bagian yakni :
1. Activity diagram pada form start test dan form admin
Untitled3
2. Activity diagram pada form about test
Untitled2
3. Activity diagram pada form Biography
Untitled

Kesimpulan
Penulisan ini membahas tentang pembuatan suatu aplikasi yang berbasiskan sistem pakar yang digunakan untuk mengukur kepribadian seseorang (tes kepribadian) berdasarkan kategori-kategori kepribadian dengan menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic.NET 2008.
Berdasarkan pembuatan aplikasi yang telah dilakukan, diambil kesimpulan bahwa aplikasi tes kepribadian berbasiskan sistem pakar ini, lebih mudah dan lebih cepat dalam proses pengukuran kepribadian dibandingkan metode terdahulu, sehingga memberikan banyak keuntungan dari segi penghematan waktu, tenaga, dan memudahkan kinerja user (pemakai) dalam mengukur kepribadiannya masing-masing.
Namun demikian, aplikasi tes kepribadian berbasiskan sistem pakar ini tidak bisa menggantikan seorang ahli karena dia pakar di bidangnya. Aplikasi sistem pakar ini hanyalah alat bantu yang sangat bergantung pada data-data yang di-input oleh seorang programmer sehingga aplikasi sistem pakar ini haruslah selalu dikembangkan.

Sumber:]
http://www.gunadarma.ac.id/library/articles/graduate/computer-science/2009/Artikel_10104875.pdf

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: